• Artikel : Trend local pride, dampak dari peningkatan kualitas produk dalam negeri

    humas, 01 Juli 2024

    Sobat alkes, belakangan ini industri fashion terutama produk lokal sedang berkembang pesat dan mulai menjadi etalase utama beberapa toko online maupun offline. Bahkan beberapa artikel  produk lokal contohnya sneaker sampai harus pre order (PO) 2 sampai 3 bulan sebelumnya, beberapa brand lokal bahkan sampai harus mengadakan pembelian melalui sistem raffle. Jika kita flashback 2-3 tahun  kebelakang tentunya antusiasme masyarakat terhadap produk dalam negeri terutama fashion belum sebesar saat ini, apalagi ditengah masyarakat yang semakin kritis terhadap nilai dan kualitas sebuah produk justru membuat produk lokal seperti sneaker/sepatu semakin diminati. Setelah penulis amati, trend berkembangnya produk lokal di Indonesia ternyata juga diiringi dengan peningkatan kualitas produk yang masif, tidak jarang sebuah produk menggunakan pihak ketiga /influencer untuk menguji durability/ketahanan dari sebuah produk. Contoh produk lokal sepatu “Compass” lewat akun instagram @tuansonim yang merupakan seorang kolektor snekaer mengadakan challange “365 days”, yang mengartikan bahwa sepatu tersebut nonstop digunakan disegala kondisi dan event selama 1 tahun penuh. Brand image sepatu compass sebagai sepatu kuat dan tahan lama pun semakin melekat kepada para sneaker enthusiast, trend memilih produk lokal daripada produk luar ini meluas denga istilah “Local Pride”.

    Jika diatas kita membahas produk dalam negri di segment fashion, lalu bagaimana dengan alat kesehatan dalam negeri?

    Industri alat kesehatan merupakan sektor vital yang memainkan peran penting dalam peningkatan kualitas layanan kesehatan, tentunya bangsa kita sudah belajar banyak dari badai Covid-19 kemarin. Penggunaan alat kesehatan dalam negeri mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Tren ini didorong oleh berbagai faktor seperti peningkatan kesadaran kesehatan masyarakat, kemajuan teknologi, serta yang paling terlihat adalah dukungan pemerintah dalam memperkuat industri alat kesehatan lokal.

    Jika industri sneaker produk lokal bisa menjadi tuan rumah dinegeri sendiri lewat peningkatan kualitas dan pengujian yang dilakukan oleh pihak lain, maka cara yang sama pun sebenarnya dilakukan oleh Industri alat kesehatan dalam negeri bahkan dengan persyaratan yang lebih rigid dan komperhensif salahsatunya dengan Uji produk alat kesehatan. Untuk memastikan alat kesehatan yang diproduksi memenuhi standar mutu dan keselamatan, uji produk menjadi langkah yang krusial. Uji produk tidak hanya bermanfaat bagi produsen, tetapi juga bagi konsumen, regulator, dan seluruh ekosistem kesehatan dalam negeri.

    Uji produk adalah serangkaian proses evaluasi yang bertujuan untuk memastikan bahwa alat kesehatan memenuhi spesifikasi teknis, keselamatan, dan kinerja yang telah ditentukan. Proses ini melibatkan berbagai jenis pengujian, seperti uji fisik fungsi, uji keselamatan listrik, dan uji kinerja dan uji ketahanan.

    Manfaat Uji Produk

    1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Uji produk yang komprehensif dan transparan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap alat kesehatan dalam negeri. Konsumen lebih cenderung memilih produk yang telah teruji dan terbukti aman serta efektif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan dan pangsa pasar produsen lokal.
    2. Memastikan Keselamatan dan Kinerja Uji produk memastikan bahwa alat kesehatan berfungsi sesuai dengan spesifikasinya dan aman digunakan. Hal ini sangat penting mengingat alat kesehatan yang cacat atau tidak aman dapat membahayakan nyawa pasien. Dengan uji produk yang tepat, risiko ini dapat diminimalisir.
    3. Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal Produk alat kesehatan yang telah teruji memiliki nilai tambah di pasar internasional. Uji produk membantu produsen alat kesehatan dalam negeri untuk bersaing di pasar global dengan menawarkan produk yang berkualitas dan sesuai standar internasional.
    4. Memenuhi Regulasi dan Standar Nasional Uji produk membantu produsen memenuhi regulasi dan standar yang ditetapkan oleh badan pengawas seperti Kementerian Kesehatan. Kepatuhan terhadap regulasi ini penting untuk mendapatkan izin edar dan sertifikasi yang diperlukan.
    5. Meningkatkan Efisiensi Biaya Meskipun uji produk memerlukan investasi awal, dalam jangka panjang, ini dapat menghemat biaya dengan mengurangi risiko produk cacat yang harus ditarik dari pasar yan berpotensi hilangnya kepercayaan masyarakat
    6. Menjaga Reputasi Produsen Produsen yang konsisten melakukan uji produk akan mendapatkan reputasi baik di mata konsumen. Reputasi yang baik sangat penting untuk kelangsungan bisnis dan pertumbuhan jangka panjang.

    Sehingga dari manfaat diatas  ya sobat alkes, bahwa uji produk merupakan cara membangun kepercayaan masyarakat terhadap kualitas dari sebuah produk, apalagi jika produk tersebut diuji oleh Institusi yang terpercaya dan terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional.

    Lalu siapa yang melakukan Uji produk alat kesehatan?

    Salahsatunya adalah Balai Pengamanan Alat dan Fasilitas Kesehatan (BPAFK) Jakarta. BPAK Jakata merupakan unit pelaksana teknis (UPT) Direktorat Jenderal Kefarmasian dan alat kesehatan yang memiliki tugas melakukan pengamanan alat dan fasilitas kesehatan di Indonesia, salahsatunya adalah Uji Produk alat kesehatan. Terdapat 70 Jenis Alat kesehatan yang mampu dilayani, 28 diantaranya telah TERAKREDITASI oleh SNI ISO/IEC 17025:2017 oleh Komite Akreditasi Nasional, dan merupakan Lab. Uji Produk dengan ruang lingkup akreditasi terbanyak di Indonesia.

    Untuk meningkatkan layanan uji produk berkualitas tinggi berbagai upaya penguatan dilakukan oleh BPAFK Jakarta dari mulai pemenuhan sarana prasarana laboratorium maupun peningkatan kompetensi SDM di dalam maupun ke luar negeri. Berikut penulis lampirkan layanan hotline BPAFK Jakarta : 081804640406

    Uji produk memainkan peran penting dalam mendukung pengembangan dan keberlanjutan industri alat kesehatan dalam negeri. Dengan memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi standar mutu dan keselamatan, uji produk membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memastikan keselamatan pasien, dan meningkatkan daya saing produk lokal di pasar global. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan industri, sangat penting untuk memaksimalkan manfaat uji produk dan mengatasi tantangan yang ada. Tentunya kita berharap istilah “Local pride” tidak hanya ada pada industri fashion di tanah air yang sedang melesat, tapi juga merambah pada tingkat kepercayaan terhadap alat kesehatan dalam negeri.

     

     

    Ditulis oleh : M. Irfan Yanis (Pranata Humas Ahli Pertama BPAFK Jakarta)

    Disunting oleh : Achmad Abdillah (Elektromedis Ahli Madya BPAFK Jakarta)

    Berita

    Sertijab Kepala BPFK Jakarta
    Webinar Nasional HUT 30 Tahun BPFK JAKARTA
    Pengumuman Beauty Contest
    HUT 31 Tahun BPFK Jakarta - Transform Toward Excellent
    Persiapan Kelembagaan dan Pengembangan Layanan Uji Produk Alkes dan PKRT, Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kunjungi UPF-PFK Palembang